The Effect of Capital Structure on Return on Equity in Astra Group Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange

Dinda Chairani Siagian

Abstract


This study aims to determine the effect of Debt to Asset Ratio and Debt to Equity Ratio on Return On Equity in 2016-2020. This research is an associative research with a quantitative approach. The population in this study are all Astra Group Companies listed on the Indonesia Stock Exchange as many as 6 companies. The sampling technique used in this study is Nonprobability Sampling with a Saturated Sampling approach, so that the sample in this study amounted to 6 companies. This research uses documentation data collection techniques using secondary data. The data analysis technique used in this study is Multiple Linear Regression Analysis, Classical Assumption Test, Hypothesis Testing, and Coefficient of Determination using the SPSS version 25.0 application. The results of the study partially show that Debt to Asset Ratio has an effect on Return On Equity in Astra Group Companies listed on the Indonesia Stock Exchange, Debt to Equity Ratio has no effect on Return On Equity in Astra Group Companies listed on the Indonesia Stock Exchange, and Debt to Equity Ratio Asset Ratio and Debt to Equity Ratio simultaneously have a significant positive effect on Return On Equity in Astra Group Companies listed on the Indonesia Stock Exchange.


Keywords


Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Equity

Full Text:

PDF

References


Aditya, Dodiet. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Surakarta: Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Alpi, (2018). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Inventory Turn Over, dan Current Ratio Terhadap Return On Equity Pada Perusahaan Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Andhani, D. (2019). Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Net Profit Margin (NPM) Serta dampaknya terhadap Harga Saham pada Perusahaan Elektronik di Bursa Efek Tokyo tahun 2007-2016. Jurnal Sekuritas , 3(1), 45-64.

Andreyani, I. (2017). Pengaruh Debt to Assets Ratio (DAR) Dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) Pada Bank Persero Yang Terdaftar DI BEI. Medan: Universitas Medan Area.

Basuki, Agus Tri & Prawoto, Nano. 2017. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Fahmi, Irham. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: CV. ALVABETA.

Fahmi, M. (2020). Pengaruh Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Equity, Return On Asset dan Earning Per Share Terhadap Harga Haham Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018.

Saragih, F. (2013). Analisis Rasio Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Medan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hafsah, Sari. (2015). Analisis Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hanafi, Mamduh dan Halim, (2012). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta:UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Hani, (2015). Teknik Analisa Laporan Keuangan. Medan: UMSU PRESS .

Hanum, Z . (2015). Pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011.

Hamid, Kusrina. (2015). Pengaruh Financial Leverage Terhadap Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) Pada Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11.

Hery. (2015). Analisa Kinerja Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Irham, (2012). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: CV. Alvabeta.

Rambe, Ihsan dkk. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt Equity Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Asset yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Juliandi, A. Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS.

Juliandi, A. Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU PRESS.

Kayobi, (2015). Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Total Asset (DTA), Dividen Tunai, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Jurnal Akuntansi dan Keuangan , 21.

Kamaludin dan Indriani. (2012). Manajemen Keuangan "Konsep Dasar dan Penerapannya". Edisi Revisi. Bandung: CV. Mundar Maju.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Makiwan, G. (2015). Analisis Rasio Leverage Untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, 26.

Margaretha, Farah. (2011). Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Nur, K. N. (2020). Pengaruh Rasio Leverage, Intensitas Modal Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Grup Astra Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Medan : 2021.

Pasando, V. (2018). Pengaruh Debt to Assets Ratio, Total Assets Turn Over dan Return On Assets terhadap Price to Book Value Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 11.

Rambe, dkk. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Cipustaka Media

Rambe. (2013). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Makanan dan Minuman di Indonesia. Jurnal Manajemen & Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Salim, J. (2015). Pengaruh Leverage (DAR,DER, DAN TIER) Terhadap ROE Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Jurnal Akuntansi, 16.

Sari, M dkk. (2019). Pengaruh Return On Equity dan Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sartono, A. (2010). Manajemen Keuangan : Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Cetakan Keempat BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung: 2018.

Tandelin, E. (2017). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio (Edisi Pert). Yogyakarta: BPFE.

Wahyuningsih, S. (2019). Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Perusahaan Keramik Porselen dan Kaca yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, 6.

Wardayani, D. S. (2016). Analisis Return On Asset, Current Ratio dan Debt Ratio dalam Menilai Kinerja Keuangan pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) cabang Belawan. Jurnal Ilman, 15.

Yulsiati, H. (2016). Pengaruh Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Return Equity Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntanika, 26.

Zulkarnaen, Z. (2018). Pengaruh Debt to Asset Ratio Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di BEI 2010-2015. Jurnal Warta Edisi, 11.




DOI: https://doi.org/10.30596/miceb.v1i0.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.