The Influence of Service Quality, Price and Product Quality on Consumer Satisfaction in Digahouse Bireuen District

Intan Nia, Fatanilam Fatanilam, Mai Simahatie, Muhammad Ferdiananda Chadafi

Abstract


The aim of this research is to determine the influence of service quality, price and product quality on consumer satisfaction at Digahouse, Bireuen Regency in 2023. The data collection technique uses a questionnaire. The sample consisted of 110 respondents. Quantitative analysis. multiple linear regression method. The results of the research hypothesis are accepted, meaning that partially service quality has a positive and significant influence on consumer satisfaction. Hypothesis 2 is rejected, which means that partially price does not have a positive and significant influence on consumer satisfaction. The hypothesis is accepted, which means that partially product quality has a positive and significant influence on consumer satisfaction. It is known that the R2 value is 0.844, this shows that the influence of the independent variables service quality, price and product quality has an influence on consumer satisfaction in Digahouse, Bireuen Regency, by 84.4%.


Keywords


SERVICE QUALITY, PRICE AND PRODUCT QUALITY

Full Text:

PDF

References


Syaiful Aswad,2Realize,3Ronal Wangdra.(2018).Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Penggunan Air Bersih Masyarakat Kampung Batam Center.

Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA: Bandung.

Agus, Widiyanto (2013), Statistika Terapan : Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya, PT Alex Media Komputindo, Jakarta.

Akdon dan Ridwan. (2010). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Cetakan 2. Bandung: Alfabeta.

Amir, M. Taufiq. 2012. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali.

Anggi Putra.(2020).Faktor-faktor Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Implikasinya Pada Minat Pembelian Ulang Produk Sunnygold Di Jakatan Selatan.

Anshar Rahman Mas’ud Elimawaty Rombe Engki P Nainggolan.(2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Kace Dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856.

Arikunto, S. (2006 :130). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Donni Juni Priansah. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM. Alfabeta. Bandung.

Engel, Blackwell, Miniard. (2012). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa Aksara.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1.

Etta Mamang Sangadji, Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi. Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Ferdinand. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Undip.

Ghozali, Imam. 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair et al. 2018. Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Prentice Hall, Upper Saddle.

Handayani, Ririn.2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia, Bandung.

Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia, Bandung.

Hanik Khanifah1, Syahrinullah2. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko MidaTop Di Demak.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kevin Putra Mahendra, & Ratih Indriyan. (2018).Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV mitra Perkasa Utomo.

Kotler dan Armstrong. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/miceb.v2i0.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.